Grafis
yang dibuat dengan menggunakan komputer lebih umumnya adalah representasi
piktorial dan manipulasi data dengan komputer. Perkembangan komputer grafis
telah membuat komputer lebih mudah untuk berinteraksi dan lebih baik untuk
memahami dan menafsirkan berbagai jenis data. Perkembangan komputer grafis
memiliki dampak yang mendalam pada banyak jenis media dan telah merevolusi
permainan video animasi dan industri.
Istilah
komputer grafis mencakup hampir semua yang ada di komputer yang bukan merupakan
teks atau suara. Hari ini hampir semua komputer menggunakan beberapa grafis dan
pengguna mengharapkan untuk mengendalikan komputer mereka melalui ikon dan
gambar, bukan hanya dengan mengetik.
Bentuk
sederhana dari grafik komputer adalah grafik komputer 2D yang sekarang
berkembang menjadi grafik komputer 3D, pemrosesan citra, dan pengenalan pola.
Grafik komputer juga disebut dengan visualisasi data. Grafik komputer dapat
dibagikan menjadi dua, yakni grafik komputer masa nyata dan grafik komputer
bukan masa nyata. Grafik komputer meliputi gambar dan pencitraan lain yang
dihasilkan oleh komputer dalam bentuk garis, lengkungan, kurva dan sebagainya.
Pemanfaatan
Grafik Komputer :
1.
Bidang
Hiburan.
Pemanfaatan dalam bidang hiburan sudah tentu pernahkan anda
menonton film animasi 2D atau 3D? Dalam pembuatan atau proses produksinya
memanfaatkan grafik komputer dengan cara penggambaran setiap gerakannya. Contoh
pada film animasi Disney Frozen.
2. Bidang
Industri
Pemanfaatan dalam bidang
Industri contohnya adalah pembuatan kerangka, Model, atau sketsa dari suatu
produk misalnya mobil, pesawat terbang,motor dsb, Biasanya mengggunakan CAD
(Computer Aided Design)
3. Video
Games
Video game adalah permainan yang melibatkan interaksi dengan user interface
untuk menghasilkan umpan balik berupa visualisasi pada perangkat video.
Aplikasi banyak beredar di pasaran mulai yang sederhana 2 dimensi, seperti
tetris, hingga yang rumit, 3 dimensi, dan memerlukan resource banyak, seperti
game sepakbola Pro Evolutin Soccer. Dari yang yang standalone hingga online
network, seperti Ragnarok. Dari PC, console, hingga mobile devices.
Citra merupakan sebuah gambar yang di
ambil oleh sebuah alat bantu, misalnya kamera, sinar X dan lain-lain. Jadi
pengolahan citra adalah suatu proses untuk mengolah gambar menjadi sebuah
gambar yang lebih baik dan sesuai yang kita inginkan. Citra yang terlihat
merupakan cahaya yang direfleksikan dari sebuah objek. Sumber cahaya menerangi
objek, objek memantulkan kembali sebagian dari berkas cahaya tersebut dan
pantulan cahaya di tangkap oleh alat-alat optik dan kemudian
direkam. Citra sendiri sebuah data dan informasi yang dapat disampaikan
dalam bentuk teks, audio, video, dan animasi. Pengolahan citra berkutat pada
usaha untuk melakukan transformasi suatu citra/gambar menjadi citra lain dengan
menggunakan teknik tertentu. Grafik komputer dan pengolahan citra mempunyai
hubungan yang saling terkait satu sama lainnya.
Pengolahan
citra adalah pemrosesan citra, khususnya dengan menggunakan komputer, menjadi
citra yang kualitasnya lebih baik.Meskipun sebuah citra kaya informasi, namun
seringkali citra yang kita miliki mengalami penurunan mutu (degradasi ),
misalnya mengandung cacat atau derau (noise), warnanya terlalu kontras, kurang
tajam, kabur (blurring), dan sebagainya. Tentu saja citra semacam ini menjadi
lebih sulit diinterpretasi karena informasi yang disampaikan oleh citra
tersebut menjadi berkurang. Agar citra yang mengalami gangguan mudah
diinterpretasi (baik oleh manusia maupun mesin), maka citra tersebut perlu
dimanipulasi menjadi citra lain yang kualitasnya lebih baik. Pemrosesan citra, khususnya
dengan menggunakan komputer, menjadi citra yang kualitasnya lebih baik.
Meskipun sebuah citra kaya informasi, namun seringkali citra yang kita miliki
mengalami penurunan mutu (degradasi ), misalnya mengandung cacat atau derau
(noise), warnanya terlalu kontras, kurang tajam, kabur (blurring), dan
sebagainya. Tentu saja citra semacam ini menjadi lebih sulit diinterpretasi
karena informasi yang disampaikan oleh citra tersebut menjadi
berkurang. Agar citra yang mengalami gangguan mudah diinterpretasi (baik oleh
manusia maupun mesin), maka citra tersebut perlu dimanipulasi menjadi citra lain
yang kualitasnya lebih baik.
EmoticonEmoticon