PIRANTI MASUKAN
Piranti Input/Input
Device adalah perangkat yang berguna untuk memasukan data atau perintah ke
dalam komputer.
Jenis-jenis Perangkat Masukan (Input
Device):
1.
PIRANTI PENGETIKAN
1.1.
KEYBOARD
Keyboard adalah sebuah perangkat
masukan yang digunakan untuk memasukan data berupa huruf, angka maupun symbol
tertentu serta melakukan perintah-perintah untuk menyimpan file dan membuka
file. Keyboard disebut juga sebagai papan ketik pada komputer.
1.2.
ATM ( Automated Teller Machine)
ATM (Automated Teller Machine) biasa digunakan dalam dunia
perbankan. Biasa digunakan untuk melakukan transaksi pengambilan uang tunai,
pembayaran tagihan, transfer uang, bahkan memesan tiket kereta api. Sebagai
piranti masukan, ATM memungkinkan kita sebagai pengguna untuk memasukan nomor
PIN, angka uang, dan hal lain yang terdapat pada tampilan menu.
1.3.
POS (Point Of Sale)
POS
(Point Of Sale) adalah piranti yang digunakan pada toko-toko untuk memasukan
data pembelian. Piranti ini selain berisi tombol seperti keyboard lengkap
dengan angka juga terdapat tambahan yang memungkinkan memproses kartu kredit.
1.
PIRANTI PENUNJUK
1.1.
MOUSE
Mouse adalah sebuah perangkat
masukan yang berguna sebagai penunjuk posisi kursor/pointer pada layar monitor.
1.2. TRACKBALL
Trackball adalah perangkat keras yang digunakan sebagai alat
penunjuk berupa sebuah bola yang memiliki sensor untuk mendeteksi gerakan.
1.3.
TOUCH SCREEN
Touch Screen
atau layar sentuh adalah piranti penunjuk berupa monitor yang telah dibuat
sangat peka sehingga memungkinkan pemakai untuk menunjuk dan menyentuh suatu
gambar dilayar secara langsung guna mengaktifkan suatu perintah
1.4.
TOUCHPAD
Touchpad adalah sebuah alat penunjuk yang menampilkan sensor
pada permukaan khusus yang dapat menterjemahkan gerakan dan jari-jari
pengguna(user) ke posisi yang di inginkan pada layar monitor. Touchpad ini
hanya dapat ditemukan pada laptop dan notebook dan cara kerjanya hampir sama
dengan mouse.
1.5.
JOYSTICK
Joystick adalah alat masukan yang
digunakan untuk memasukan perintah untuk menggerakan permainan pada komputer.
2.
PIRANTI PENUNJUK BERBENTUK PENA
2.1.
LIGHT PEN
Light Pen adalah pointer elektronik yang digunakan untuk
memodifikasi dan men-desain gambar dengan screen (monitor).
2.2. DIGITIZING
TABLET
Digitizing Tablet merupakan salah
satu piranti digitizer, yaitu piranti yang dapat mengonversi gambar atau foto
menjadi data digital.
2.3.
PENGAMBIL GAMBAR TERFORMAT
2.3.1.
BARCODE READER
Barcode Reader adalah perangkat yang digunakan untuk membaca
barcode data.
2.3.2.
MAGNETIC
INK CHARACTER RECOGNITION (MICR)
MICR
dipergunakan untuk membaca karakter-karakter khusus MICR yang dicetak dengan tinta
khusus pula. Tinta ini nantinya akan dimagnetasi oleh piranti MICR, sehingga
informasi magnetisnya dapat dibaca dan diterjemahkan menjadi sinyal digital.
2.3.3.
OPTICAL
MARK RECOGNITION (OMR)
OMR
adalah piranti yang dapat membaca blok tulisan pensil dan mengubahnya menjadi
bentuk yang dapat digunakan oleh computer. Piranti ini membaca masukan dengan
bantuan refleksi optis, dengan mengenali ketebalan tulisan.
2.3.4.
OPTICAL
CHARACTER RECOGNITION (OCR)
OCR adalah
piranti yang dapat membaca teks dan mengonversikannya kedalam kode digital yang
nantinya diproses oleh computer.
2.4.
PENGAMBIL GAMBAR TIDAK TERFORMAT
2.4.1.
SCANNER
Scanner adalah alat input yang mempunyai fungsi hampir mirip
dengan mesin fotocopy. Dengan proses penggunaannya mengcopy data objek lalu
dipindahkan kedalam memory komputer yang hasilnya dapat dilihat pada layar
monitor.
2.4.2.
KAMERA DIGITAL
Sebuah kamera dapat dianggap sebagai sebuah
peranti yang dapat mengubah sebuah citra optis ke sebuah replika film atau
elektronis.
2.4.3.
PEMBACA RETINA MATA
Berfungsi untuk membaca retina mata seseorang dan
menghasilkan suatu identitas retina mata. Identitas inilah yang kemudian
diproses oleh Komputer untuk melakukan tindakan-tindakan tertentu.
2.4.4.
PEMBACA SIDIK JARI
Pembaca Sidik Jari dalah peranti yang digunakan untuk membaca
sidik jari seseorang.hasil pembacaan berupa data gambar yang menyatakan bentuk
sidik jari seseorang.
2.5.
PIRANTI SUARA
2.5.1.
MICROPHONE
Prinsip kerja mikropon sebenarnya adalah
pengubahan variasi tekanan udara karena adanya suara, menjadi
variasi isyarat listrik. Input device ini berfungsi untuk memasukkan data
berupa suara yang akan disimpan di dalam memori komputer.
2.5.2.
AUTOMATIC SPEECH
RECOGNITION (ASR)
Sistem ASR dapat mengenali masukan berupa kata-kata dalam kalimat.sistem
ini memiliki :
a.
Fitur penganalisis
yang dapat memisahkan suara orang dengan suara-suara pengganggu pada latar
belakang dan mengubah sinyal digital suara menjadi fonem.
b.
Pengklasifikasi
pola
c. Pemrosesan bahasa
2.5.3.
TOUCH TONE
Touch Tone dalah peranti yang dapat
menerima masukan yang berasal dari telepon untuk memasukan informasi atau
perintah.
2.6.
PIRANTI VIDEO
2.6.1.
CAMCORDER
Kamera video atau sering disebut dengan
video camera recorder atau camcorder digunakan untuk merekam citra yang
bergerak. Camcorder adalah alat perekam elektronik portable yang mempunyai
kemampuan video live-motion dan audio untuk kemudian dimainkan di Video Cassete
Recorder (VCR), TV, dan Komputer.
2.6.2.
WEBCAM
Webcam adalah kamera kecil yang dapat
dipasang pada bagian atas monitor komputer dan dapat menangkap video serta
gambar, kemudian langsung menyimpannya dalam hard drive komputer kita.
2.7.
PIRANTI GERAKAN
2.7.1.
HEADSET
Headset adalah peranti yang dipasang pada
kepala, menutp mata, yang digunakan untuk menangkap dan merekam gerakan kepala
serta menayangkan berbagai macam gamar ke mata pemakai.
2.7.2.
GLOVE
Glove berbentuk seperti sarung tangan, yang
terapat sensor-sensor gerak yang digunakan untuk merekam jenis data kinetis
tangan user dan dirubah menjadi digital.
2.7.3.
WALKER
Walker berbentuk seperti sepatu yang terdapat sensor-sensor
gerak yang digunakan untuk menangkap dan merekam data kinetis kaki user dan
diubah menjadi digital.
2.8.
PIRANTI SENSOR
Sensor merupakan piranti yang dapat
mengambil data langsung dari lingkungan. Data ini berupa data khusus, yang langsung
dimasukkan ke dalam komputer. Contoh pemanfaatannya yaitu pada pendeteksi
gunung berapi, detektor kecepatan laju kendaraan di jalan raya, pada pesawat
untuk mendeteksi perubahan arah mata angin yang mendadak, pada kedokteran untuk
mengukur suhu badan, dan juga untuk pengontrolan pada rumah tangga.
2.9.
RADIO FREQUENCY IDENTIFICATION DEVICE ( RFID)
RFID adalah piranti yang memanfaatkan
gelombang frekuensi radio untuk mengirimkan data dari sesuatu yang ditempeli
RFID tersebut ke piranti pelacak RFID. RFID memiliki kelebihan dalam hal
keamanan, karena pirantinya sulit dipalsukan.
2.10. QR QODE
Perkembangan penggunaan Kode QR. Awalnya kode QR digunakan untuk pelacakan kendaraan
bagian di manufaktur, namun kini kode
QR digunakan dalam konteks
yang lebih luas, termasuk aplikasi komersial dan kemudahan pelacakan aplikasi
berorientasi yang ditujukan untuk pengguna telepon selular.
EmoticonEmoticon